Microsoft Display Dock: Sulap Windows 10 Phone Jadi PC

8 October 2015
2015-10-08T12:00:24+07:00
Share http://jlan.tk/t/7774
Selain memperkenalkan Surface Pro, Surface Book dan Lumia 950 juga Lumia 950 XL pada ajang pengenalan produk barunya, Microsoft juga memperkenalkan Microsoft Display Dock. Microsoft Display Dock bekerja dengan metode yang sama seperti fitur Continuum pada Windows 10, sehingga disebut juga Continuum Dock.
Dengan Microsoft Display Dock, nantinya kamu bisa menyulap Windows 10 Phone kamu menjadi tampilan PC pada layar yang lebih besar. Berbeda dengan kemampuan sistem operasi lain yang hanya menampilkan tampilan smartphone pada layar yang lebih besar, dengan Microsoft Display Dock kamu bisa menggunakan Windows 10 Phone pada monitor selayaknya tampilan Windows PC. Namun sayangnya, Continuum Dock tidak bisa digunakan pada Windows Phone yang mungkin kamu gunakan sekarang ini, baru bisa digunakan pada perangkat terbaru seperti Lumia 950 dan Lumia 950 XL.
Microsoft Display Dock_1


Dengan menghubungkan Windows 10 Phone ke Microsoft Display Dock melalui koneksi USB Type-C, saat menghubungkannya pada monitor kamu bisa menjalankan Universal Apps layaknya sedang menjalankan Windows PC. Pada monitor akan nampak menu Start, aplikasi yang terbagi side-by-side, dan meminimalkan tampilan aplikasi layaknya Windows PC. Kamu juga bisa menggunakan keyboard dan menjalankan shortcut seperti alt-tab untuk beralih aplikasi, atau ctrl + c dan ctrl + v untuk copy dan paste konten.
Microsoft Display Dock_2
Saat sedang terhubung dengan Microsoft Display Dock, kamu masih bisa menggunakan Windows 10 Phone kamu seperti biasa. Menarik bukan? Namun, saat kamu membuka aplikasi yang sama dengan apa yang sedang digunakan di monitor, aplikasi tersebut akan di-minimize dan diteruskan pada Windows 10 Phone kamu. Artinya, kamu masih bisa SMS langsung dari Windows Phone, saat sedang menggunakan Microsoft Word atau Power Point pada monitor.
Fitur Continuum yang terhubung dengan Microsoft Display Dock tidak hanya dapat berjalan dengan semua aplikasi milik Microsoft, namun dapat juga berfungsi pada aplikasi pihak ketiga. Syaratnya, pengembang aplikasi harus membuat Windows 10 Universal Apps untuk dapat berjalan dengan sesuai pada mode Continuum.
Microsoft Display Dock_3
Gimana, fitur yang ditawarkan oleh Continuum dan Microsoft Display Dock sangat keren bukan? Sayangnya kamu harus bersabar karena sementara hanya bisa digunakan pada Lumia 950 dan Lumia 950 XL.
copyright: JalanTikus
Previous
Next Post »
Thanks for your comment