UP, Komputer Mirip Raspberry Pi, Berbekal Prosesor dari Intel

Siapa yang tak mengenal Raspberry Pi? Ya sebuah komputer kecil yang ukurannya mirip dengan kartu kredit. Kegunaanya pun sangat banyak, untuk robotika, home automation, bahkan untuk server rumahan pun juga mampu dikerjakan oleh Raspberry Pi yang berbekal prosesor dari Broadcom.
up-0
Namun ternyata, kini Raspberry Pi mendapatkan pesaing yang bentuknya tidak jauh berbeda dengan komputer single board ini. Dikutip dari Liliputing, Senin (19/10/2015), pesaing tersebut adalah UP, yang merupakan komputer dengan desainnya bisa dibilang mirip dengan Raspberry Pi.
Namun yang membedakan UP dengan Raspberry Pi adalah prosesor yang diusung oleh UP ini lebih mumpuni, serta lebih hemat daya. Ya, UP berbekal prosesor Intel Cherry Trail x5-Z8300 Quadcore berkecepatan 1.8 GHz, yang mana mampu memberikan performa lebih dari Raspberry Pi. Selain itu, UP juga dibekali dengan header yang kompatibel dengan dengan perangkat tambahan untuk Raspberry Pi.
up-01-min
Tidak hanya itu, UP juga disandingkan dengan RAM sebesar 1GB DDR3L juga penyimpanan 16GB eMMC. UP juga dilengkapi dengan 4 buah port USB 2.0, sebuah port USB 3.0 yang mendukung OTG, port HDMI, Port Gigabit Ethernet, serta sebuah tambahan header 10 pin untuk USB 2.0. UP juga mendukung berbagai sistem operasi, seperti Android, Linux, bahkan Windows 10 juga mampu dijalankan.
UP sendiri sudah diperkenalkan pada situs Kickstarter dan sudah dapat dipesan dengan target pencapaiannya sebesar 57.000 USD. Untuk harganya sendiri, jelas UP lebih mahal dari Raspberry Pi, yaitu sekitar 102 USD atau sekitar 1.4 juta Rupiah. Untuk ketersediannya, dipastikan bahwa UP akan dipasarkan kepada para pemesannya pada bulan Februari 2016 mendatang.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment